TUGAS KELOMPOK
LAPORAN OBSERVASI
Untuk Tugas Matakuliah Strategi Pembalajaran
Dosen Pengampu Prof. Dr. H. Karwono M. Pd./ Kuswono M. Pd.
Oleh
:
1. Mega Amelia NPM
11210055
2. Fajri Arif Wibawa NPM 11210082
Prodi : Pendidikan
Ekonomi
Semester : 4
(empat)
Kelas : B
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012/2013
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulilahi
robil alamin, dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan
observasi ini. Dengan kesempatan ini, kami tidak lupa menyampaikan terima kasih
kepada :
1.
Prof.
Dr. H. Karwono M. Pd dan Kuswono M. Pd. selaku
dosen pengampu matakuliah Strategi Pembelajaran.
2.
Kedua
orang tua kami yang selalu memberikan semangat kepada kami.
3.
Semua
pihak yang telah berkenan memberikan
bantuan-bantuan.
Kami
menyadari bahwa dalam laporan observasi ini masih banyak terdapat kesalahan dan
kekurangan. Karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun
sehingga pembuatan laporan observasi yang akan datang dapat lebih baik. Semoga
laporan observasi ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca
umumnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
LEMBAR OBSERVASI LAPANGAN
TENTANG SIASAT PEMBELAJARAN
A. Identitas
Nama
Sekolah : SMA Negeri 3 Metro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X.2/
2 (dua)
Waktu : Pukul
07.30 – 09.00 WIB
Hari / tanggal :
Rabu, 15 Mei 2013
Nama
guru : Ika
Yuni Listiani S. Pd.
Standar
Kompetensi : Menganalisis Unsur-unsur Geosfer
Kompetensi Dasar :
Menganalisis Hidrosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi.
Indokator :
Ø
Mengklasifikasikan
jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan.
Ø
Menunjukkan
bentuk-bentuk morfologi laut
Ø
Menunjukkan
faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang
Ø
Menunjukkan
pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
Ø
Menjelaskan
perbedaan pasang naik dan pasang surut
Ø
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut
Ø
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyababkan perbedaan warna air laut
B. Tujuan pembelajaran :
Ø
Siswa
dapat mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan
wilayah kekuasaan.
Ø
Siswa
dapat menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut
Ø
Siswa
dapat menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang
Ø
Siswa
dapat menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
Ø
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
Ø
Siswa
dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas)
air laut
Ø
Siswa
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyababkan perbedaan warna air laut
C. Materi pembelajaran : Hidrosfer
D. Metode pembelajaran : Dalam
pembelajaran ini guru menggunakan metode ceramah berpadu dengan metode tanya
jawab.
Siasat Pembelajaran
Tahap pembelajaran :
1. Kegiatan
pra pembelajaran
a.
Motivasi
Ibu ika
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik,tanpa
diperintahkan oleh ibu ika semua murib kompak secara bersama-sama membaca
al-Qura’an sebelum memulai pelajaran . Dalam pemberian motivasi ibu ika menyampaikan suatu apresiasi tentang materi
ajar yang akan disajikan dengan kehidupan .
b. Tujuan
Dalam mengarahkan tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPP, guru memberikan acuan yang mengarah
pada proses pembelajaran sehingga
terarah pada tujuan yang diharapkan.
c. Tingkah
Laku Masukan
Pada tahap ini ibu ika melakukan tahap
penyaringan kebutuhan siswa berdasarkan kemampuan dalam menerima informasi yang
disampaikan, agar siswa memahami dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Penyajian
informasi
a. Pengurutan
Sebelum penyampaian materi
dilakukan ibu ika mengulas pelajaran yang lalu, dengan memberikan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi sebelumnya. Setelah itu guru menyampaikan mater
pokok yang akan disampaikan. Setelah penyampaian materi, guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dalam menyampaikan materi ibu ika
menggunakan metode ceramah.
b. Besarnya Satuan Pembelajaran
Pada pertemuan terakhir pembelajaran geografi ini, Ibu Ika masih
mempunyai waktu 2 jam pelajaran atau 2 x 45 menit.
c. Penyajian
Isi
Dalam menyajikan isi materi ibu ika
menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan tanya jawab yang mengarah
pada materi. Proses penyajian yang dilakukan menekankan pada siswa yang aktif
mencari jawaban. Kemudian ibu guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya tentang jawaban dari soal tanya jawab yang telah dilakukan di dalam
kelas, kemudian ibu guru menyimpulkan hasil proses tanya jawab bersama-sama
siswa.
d. Contoh-contoh
Dalam pembelajaran Ibu
ika memberikan pertanyaan mengenai pasang surutnya air laut.
3. Peran
Serta Peserta Didik
a. Latihan
Setelah penyampaian materi peserta
didik, ibu ika menyampaikan kepada peserta didik berupa latihan. Peserta didik
diharapkan untuk mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru, peserta didik
ada yang aktif dalam mengerjakan tugasnya namun ada pula yang pasif kemudian mampu menyimpulkan jawaban
bersama-sama dengan guru.
b. Balikan
Setelah materi di sajikan siswa di beri suatu
pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan dan siswa diminta untuk
menjelaskan tentang partanyaan yang berkaitan tentang air laut.
4.
Pengetesan
a. Tingkah
Laku Masukan
Setelah materi disajikan, siswa
diberi pertanyaan dan siswa di minta menguraikan pertanyaan tersebut. Ibu
memberikan pertanyaan yang diharapkan telah tercapai atau belum.
b. Pra
Tes
Pada saat pembelajaran baru di mulai ibu
ika memberikan tes berupa pengetahuan dasar tentang materi yang akan
disampaikan. Atau bentuk tes untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang
materi yang akan di sampaikan.
Contoh
pertanyaan : Mengapa air laut berwarna berbeda di tiap wilayah?
c. Tes
Sambil Jalan
Pada
saat mengamati, saat berlangsungnya proses pembelajaran dan ditengah
pembelajaran guru melontarkan pertanyaan kepada peserta didik yang kurang
memperhatikan . tes sambil jalan ini dilakukan untuk memusatkan perhatian
kepada materi ajar dan pemahaman tentang materi ajar yang disampaikan.
d. Pasca
Test
Pada pengamatan yang saya lakukan dari
awal proses pembelajaran, ibu ika menjelaskan materi namun ada beberapa siswa
yang tidak memperhatikan, kemudian guru meminta siswa 1 per satu untuk
mengemukakan pendapat dari materi yang diajarkannya.
5. Kegiatan
Tindak Lanjutan
a. Remidiasi
Pada pengamatan di SMA NEGERI
3 METRO ini saya tidak menemukan terjadinya tahap remidial yang dilakukan,
karena tidak dalam keadaan ujian atau
ulangan, tetapi lebih berupa aktivitas pembelajaran berupa pendalaman materi
kepada peserta yang bertanya karena belum jelas terhadap materi yang
disampaikan serta pendalaman materi yang lalu untuk menghadapi ujian akhir
semester genap.
b. Pengayaan
selama pengamatan terhadap
pembelajaran yang dilakukan oleh bapak agus, terjadi sedikit perbedaan terhadap
pemberian materi dan tugas kepada salah satu peserta didik yang belum paham
terhadap materi yang disampaikan atau pun dengan materi yang lalu. Hal ini dikarenakan pada segi perhatian terhadap
pelajaran kurang dan sering tidak masuk. Sedangkan kepada peserta didik yang
lebih paham diberikan tugas tambahan yang lebih mengasah kemampuannya dalam
memahami mata pelajaran.
6. Komentar
Berdasarkan
proses pembelajaran serta strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Ibu ika
dikelas kurang baik, karena dalam proses pembelajaran berlangsung ada beberapa
siswa yang tidak memperhatikan atau pun menyepelekan, namun ibu ika tidak
memberikan teguran yang tegas sehingga banyak siswa yang tidak menghargainya.
Ditinjau dari penerapan metode yang digunakan dalam pembelajaran ibu ika
menggunakan metode ceramah.
Dalam
penetapan strategi pembelajaran guru kurang meninjau kondisi peserta didik,
kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut kurang
mendukung motivasi siswa untuk belajar.
Oleh
karena itu seorang guru perlu merumuskan atau merancang suatu program
pembelajaran yaitu, rumusan tujuan yang jelas yang dapat digunakan untuk
mengevaluasi efektivitas keberhasilan pembelajaran, yang digunakan untuk
menghasilkan pembelajaran dengan tujuan yang optimal. Dalam pembelajaran guru
mampu mendesain sistem pembelajaran yang artinya guru mampu menentukan materi,
metode, strategi pembelajaran, media, alat, sumber belajar, serta merancang
alat evaluasi untuk melihat keberhasilan siswa belajar. Tetapi guru kurang
mampu mengontrol dalam menentukan batas-batas pembelajaran atau pembelajaran
sedikit di luar dari materi yang disampaikan.
7.
Kesimpulan
Berdasarkan
pengamatan kami di kelas,bahwa penerapan proses belajar yang di lakukan
menekankan strategi pembelajaran ekspositori yaitu strategi yang menekankan
kepada proses penyampaiyan materi secara verbal dari seorang guru kepada
peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi
pembelajaran secara optimal.strategi pembelajaran ekspositori ini menurut saya
kurang efektif karna strategi pembelajaran ini hanya mungkin dapat di lakukan
terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak secara
baik, dan untuk siswa yang memiliki kemampuan seperti itu perlu di gunakan
strategi lain,strategi ini juga tidak dapat mungkin melayani perbedaan setiap
individu baik perbedaan kemampuan,kemampuan pengetahuan, minat, dan bakat, serta
perbedaan gaya belajar.
8. Saran
Dalam
penerapan proses pembelajaran,dan strategi pembelajaran serta metode
pembelajaran yang efektif sebaiknya mepertimbangkan dari segi pemilihan tujuan
pembelajaran,karakteristik si belajar,yaitu di lihat dari perkembangan peserta
didik.
Pembelajaran
sebaiknya di lakukan secara kontinuitas (berkelanjutan), dengan demikian
pembelajaran yang berkelanjutan sesuai dengan kemampuan siswa kemudian peserta
didik akan memahami dan mendapatkan pengetahuan yang lebih tinggi dari tahap
kemampuan serta demikian akan di dapat hasil yang baik dan maksimal, sehingga
peserta didik akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaranyang di lakukan akan
meningkatkan motifasi, pengetahuan, pemahaman, disiplin, dan menimbulkan
semangat dalam belajar.
BUKTI OBSERVASI
Foto Mega Amelia di SMA Negeri 3 Metro
BUKTI OBSERVASI
Foto Fajri Arif
Wibawa di SMA Negeri 3 Metro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar