Senin, 27 April 2015

Laporan Observasi 2



TUGAS KELOMPOK
LAPORAN OBSERVASI

Untuk Tugas Matakuliah Strategi Pembalajaran
Dosen Pengampu  Prof. Dr. H. Karwono M. Pd./ Kuswono M. Pd.
                                   


Oleh :
                              1.   Mega Amelia                          NPM 11210055
                              2.   Fajri Arif Wibawa                NPM 11210082
                            
                             Prodi               :    Pendidikan Ekonomi
                             Semester          :    4 (empat)
                             Kelas               :    B

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012/2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
            Alhamdulilahi robil alamin, dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan observasi ini. Dengan kesempatan ini, kami tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Prof. Dr. H. Karwono M. Pd dan Kuswono M. Pd. selaku dosen pengampu matakuliah Strategi Pembelajaran.
2.      Kedua orang tua kami yang selalu memberikan semangat kepada kami.
3.      Semua pihak yang  telah berkenan memberikan bantuan-bantuan.
            Kami menyadari bahwa dalam laporan observasi ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan. Karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sehingga pembuatan laporan observasi yang akan datang dapat lebih baik. Semoga laporan observasi ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca umumnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

LEMBAR OBSERVASI LAPANGAN

TENTANG SIASAT PEMBELAJARAN

A.    Identitas

Nama  Sekolah                     :       SMA Negeri 3 Metro
Mata Pelajaran                     :       Geografi
Kelas/Semester                     :       X.2/ 2 (dua)
Waktu                                  :       Pukul 07.30 – 09.00 WIB 
Hari / tanggal                       :       Rabu, 15 Mei 2013
Nama guru                           :       Ika Yuni Listiani S. Pd.
Standar Kompetensi            :       Menganalisis Unsur-unsur Geosfer
Kompetensi Dasar               :       Menganalisis Hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
Indokator                             :       
Ø  Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan.
Ø  Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut
Ø  Menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang
Ø  Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
Ø  Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyababkan perbedaan warna air laut
B. Tujuan pembelajaran         :
Ø  Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan.
Ø  Siswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut
Ø  Siswa dapat menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya gelombang
Ø  Siswa dapat menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
Ø  Siswa dapat menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyababkan perbedaan warna air laut
C. Materi pembelajaran          :        Hidrosfer        
D. Metode pembelajaran         :       Dalam pembelajaran ini guru menggunakan metode ceramah berpadu dengan metode tanya jawab.


Siasat Pembelajaran

Tahap pembelajaran :
1.      Kegiatan pra pembelajaran
a.       Motivasi
       Ibu ika membuka pelajaran dengan mengucapkan salam kepada peserta didik,tanpa diperintahkan oleh ibu ika semua murib kompak secara bersama-sama membaca al-Qura’an sebelum memulai pelajaran . Dalam pemberian motivasi ibu ika  menyampaikan suatu apresiasi tentang materi ajar yang akan disajikan dengan kehidupan .
b.      Tujuan
         Dalam mengarahkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPP, guru memberikan acuan yang mengarah pada  proses pembelajaran sehingga terarah pada tujuan yang diharapkan.
c.       Tingkah Laku Masukan
         Pada tahap ini ibu ika melakukan tahap penyaringan kebutuhan siswa berdasarkan kemampuan dalam menerima informasi yang disampaikan, agar siswa memahami dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Penyajian informasi
a.       Pengurutan
Sebelum penyampaian materi dilakukan ibu ika mengulas pelajaran yang lalu, dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. Setelah itu guru menyampaikan mater pokok yang akan disampaikan. Setelah penyampaian materi, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dalam menyampaikan materi ibu ika menggunakan metode ceramah.
b.        Besarnya Satuan Pembelajaran
  Pada pertemuan terakhir pembelajaran geografi ini, Ibu Ika masih mempunyai waktu 2 jam pelajaran atau 2 x 45 menit.

c.       Penyajian Isi
Dalam menyajikan isi materi ibu ika menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan tanya jawab yang mengarah pada materi. Proses penyajian yang dilakukan menekankan pada siswa yang aktif mencari jawaban. Kemudian ibu guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan pendapatnya tentang jawaban dari soal tanya jawab yang telah dilakukan di dalam kelas, kemudian ibu guru menyimpulkan hasil proses tanya jawab bersama-sama siswa.
d.      Contoh-contoh
Dalam pembelajaran Ibu ika memberikan pertanyaan mengenai pasang surutnya air laut.
3.      Peran Serta Peserta Didik
a.       Latihan
            Setelah penyampaian materi peserta didik, ibu ika menyampaikan kepada peserta didik berupa latihan. Peserta didik diharapkan untuk mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru, peserta didik ada yang aktif dalam mengerjakan tugasnya namun ada pula yang pasif  kemudian mampu menyimpulkan jawaban bersama-sama dengan guru.
b.       Balikan
 Setelah materi di sajikan siswa di beri suatu pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan dan siswa diminta untuk menjelaskan tentang partanyaan yang berkaitan tentang air laut.
4.      Pengetesan 
a.    Tingkah Laku Masukan
Setelah materi disajikan, siswa diberi pertanyaan dan siswa di minta menguraikan pertanyaan tersebut. Ibu memberikan pertanyaan yang diharapkan telah tercapai atau belum.


b.    Pra Tes
       Pada saat pembelajaran baru di mulai ibu ika memberikan tes berupa pengetahuan dasar tentang materi yang akan disampaikan. Atau bentuk tes untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan di sampaikan.
Contoh pertanyaan : Mengapa air laut berwarna berbeda di tiap wilayah?
c.       Tes Sambil Jalan
       Pada saat mengamati, saat berlangsungnya proses pembelajaran dan ditengah pembelajaran guru melontarkan pertanyaan kepada peserta didik yang kurang memperhatikan . tes sambil jalan ini dilakukan untuk memusatkan perhatian kepada materi ajar dan pemahaman tentang materi ajar yang disampaikan.
d.   Pasca Test
         Pada pengamatan yang saya lakukan dari awal proses pembelajaran, ibu ika menjelaskan materi namun ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan, kemudian guru meminta siswa 1 per satu untuk mengemukakan pendapat dari materi yang diajarkannya.
5.      Kegiatan Tindak Lanjutan
a.       Remidiasi
                 Pada pengamatan di SMA NEGERI 3 METRO ini saya tidak menemukan terjadinya tahap remidial yang dilakukan, karena tidak dalam keadaan ujian  atau ulangan, tetapi lebih berupa aktivitas pembelajaran berupa pendalaman materi kepada peserta yang bertanya karena belum jelas terhadap materi yang disampaikan serta pendalaman materi yang lalu untuk menghadapi ujian akhir semester genap.
b.      Pengayaan 
         selama pengamatan terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh bapak agus, terjadi sedikit perbedaan terhadap pemberian materi dan tugas kepada salah satu peserta didik yang belum paham terhadap materi yang disampaikan atau pun dengan materi yang lalu. Hal ini dikarenakan pada segi perhatian terhadap pelajaran kurang dan sering tidak masuk. Sedangkan kepada peserta didik yang lebih paham diberikan tugas tambahan yang lebih mengasah kemampuannya dalam memahami mata pelajaran.
6.  Komentar
Berdasarkan proses pembelajaran serta strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Ibu ika dikelas kurang baik, karena dalam proses pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan atau pun menyepelekan, namun ibu ika tidak memberikan teguran yang tegas sehingga banyak siswa yang tidak menghargainya. Ditinjau dari penerapan metode yang digunakan dalam pembelajaran ibu ika menggunakan metode ceramah.
Dalam penetapan strategi pembelajaran guru kurang meninjau kondisi peserta didik, kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut kurang mendukung motivasi siswa untuk belajar.
Oleh karena itu seorang guru perlu merumuskan atau merancang suatu program pembelajaran yaitu, rumusan tujuan yang jelas yang dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas keberhasilan pembelajaran, yang digunakan untuk menghasilkan pembelajaran dengan tujuan yang optimal. Dalam pembelajaran guru mampu mendesain sistem pembelajaran yang artinya guru mampu menentukan materi, metode, strategi pembelajaran, media, alat, sumber belajar, serta merancang alat evaluasi untuk melihat keberhasilan siswa belajar. Tetapi guru kurang mampu mengontrol dalam menentukan batas-batas pembelajaran atau pembelajaran sedikit di luar dari materi yang disampaikan. 
7.    Kesimpulan       
Berdasarkan pengamatan kami di kelas,bahwa penerapan proses belajar yang di lakukan menekankan strategi pembelajaran ekspositori yaitu strategi yang menekankan kepada proses penyampaiyan materi secara verbal dari seorang guru kepada peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal.strategi pembelajaran ekspositori ini menurut saya kurang efektif karna strategi pembelajaran ini hanya mungkin dapat di lakukan terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak secara baik, dan untuk siswa yang memiliki kemampuan seperti itu perlu di gunakan strategi lain,strategi ini juga tidak dapat mungkin melayani perbedaan setiap individu baik perbedaan kemampuan,kemampuan pengetahuan, minat, dan bakat, serta perbedaan gaya belajar.


8.   Saran
Dalam penerapan proses pembelajaran,dan strategi pembelajaran serta metode pembelajaran yang efektif sebaiknya mepertimbangkan dari segi pemilihan tujuan pembelajaran,karakteristik si belajar,yaitu di lihat dari perkembangan peserta didik.
Pembelajaran sebaiknya di lakukan secara kontinuitas (berkelanjutan), dengan demikian pembelajaran yang berkelanjutan sesuai dengan kemampuan siswa kemudian peserta didik akan memahami dan mendapatkan pengetahuan yang lebih tinggi dari tahap kemampuan serta demikian akan di dapat hasil yang baik dan maksimal, sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaranyang di lakukan akan meningkatkan motifasi, pengetahuan, pemahaman, disiplin, dan menimbulkan semangat dalam belajar.

BUKTI OBSERVASI

Foto Mega Amelia di SMA Negeri 3 Metro


BUKTI OBSERVASI

Foto Fajri Arif Wibawa di SMA Negeri 3 Metro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar