Senin, 27 April 2015

Makalah Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri dalam Pelajaran Ekonomi



TUGAS KELOMPOK 1
Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri dalam Pelajaran Ekonomi

Tugas Kelompok Matakuliah Strategi Pembelajaran
Dosen Pengampu  Prof. Dr. H. Karwono M. Pd./ Kuswono M. Pd.


Oleh :
                              1.   Fajri Arif Wibawa                NPM 11210082
                              2.   Jeni Partiawan Daru                        NPM 11210084
                              3.   Mega Amelia                          NPM 11210055
                              4.   Nomi Tisa Dewi                     NPM 11210092
                              5.   Yessi Citra Dewi                    NPM 11210070
                             Prodi               :    Pendidikan Ekonomi
                             Semester          :    4 (empat)
                             Kelas               :    B
                                 
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012/2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
            Alhamdulilahi robil alamin, dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kami kelompok 1 dapat menyelesaikan tugas ini. Dengan kesempatan ini, kami tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Prof. Dr. H. Karwono M. Pd dan Kuswono M. Pd. selaku dosen pengampu matakuliah Strategi Pembelajaran.
2.      Teman-teman kelompok 1 yang telah bekerja sama untuk menyelesaikan tugas ini.
3.      Kedua orang tua kami yang selalu memberikan semangat kepada kami.
4.      Semua pihak yang  telah berkenan memberikan bantuan-bantuan.
            Kami menyadari bahwa dalam penyelesaian tugas ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan. Karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sehingga pembuatan tugas semacam ini yang akan datang dapat lebih baik. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya agar mendapatkan nilai yang diharapkan dan bagi pembaca umumnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Strategi pembelajaran inquiri adalah suatu strategi pembelajaran yang prosesnya untuk mencari jawaban atau mendapatkan/ menemukan informasi dengan melakukan eksperimen atau observasi untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah. Penerapan strategi pembelajaran inquiri ini dalam pelajaran ekonomi yaitu sebagai berikut :
Dalam mempelajari materi pelajaran ekonomi, berikut silabus pembelajarannya :
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :          
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas                           : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1    Mengidentifikasi kebutuhan manusia
















1.2    Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas











1.3    Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi






1.4    Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.








1.5    Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai
















  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai















  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai









  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai












  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai
  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,















  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,














  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,








  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,











  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,
·   Pengertian kebutuhan
·   Macam-macam kebutuhan
·   Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
·   Pengertian benda pemuas kebutuhan
·   Macam-macam benda pemuas kebutuhan
·   Kegunaan benda pemuas kebutuhan











·   Pengertian kelangkaan
·   Penyebab kelangkaan
·   Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
·   Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan













·     Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
·     Bagaimana cara memproduksi barang.
·   Untuk siapa barang tersebut diproduksi.






·     Pengertian biaya sehari-hari dan biaya peluang
·   Kurva kemungkinan produksi











·     Pengertian sistem ekonomi
·     Sistem ekonomi tradisional
·     Sistem ekonomi pasar
·     Sistem ekonomi komando
·   Sistem ekonomi campuran
·     Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·     Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·     Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·     Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan tingkatannya




·   Menggali informasi tentang kelangkaan.
·   Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.


·     Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan










·     Mengkaji referensi tentang permasalahan ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·     Bertanya jawab tentang perbedaan biaya sehari-hari dan biaya peluang.
·     Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·     Menggambar kurva kemungkinan produksi.


·     Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
·     Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
·   Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
·   Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
·   Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi kebutuhan.
·   Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
·   Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
·   Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.





·   Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
·   Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.







·     Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
·     Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
·     Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.





·     Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang             
·     Menggambar kurva kemungkinan produksi










·     Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
·     Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
·     Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
·     Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
·     Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
3 x 45 menit

















2 x 45 menit
















2 x 45 menit










2 x 45 menit













2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

Dari silabus pembelajaran di atas, maka kompetensi dasar yang akan diambil dalam penerapan strategi inquiri yaitu tentang kelangkaan, sebagai berikut :
Kelas                           : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar       : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Materi Pembelajaran   :  1. Pengertian kelangkaan
2. Penyebab kelangkaan
3. Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
4. Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
Tujuan Pembelajaran   :  1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan
2. Siswa dapat mendeskripsikan penyebab kelangkaan
3. Siswa dapat mendeskripsikan penentuan alokasi sumber daya ekonomi
4. Siswa dapat mendeskripsikan sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
Dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri, metode observasi dan teknik pemberian tugas, guru memberikan tugas kepada siswa secara kelompok. Tugasnya yaitu dengan memberikan sebuah rumusan masalah sebagai berikut :
Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti solar maupun bensin selalu menunjang kegiatan sektor lainnya seperti transportasi, industri dan rumah tangga. Kejenjangan antara kebutuhan kebutuhan manusia yang besar terhadap BBM, sehingga di Indonesia sering terjadi kelangkaan BBM.
a.       Kenapa di Indonesia masih sering terjadi kelangkaan BBM bersubsidi tersebut?
b.      Apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan?
c.       Jenis sumber ekonomi apa yang menyebabkan BBM langka?
d.      Bagaimana seharusnya sikap masyarakat dengan penggunaan BBM tersebut?
Ketentuan dalam pengerjaan tugas sebagai berikut :
a.       Buatlah laporan observasi, dari observasi yang dilakukan.
b.      Pencarian jawaban dengan menggunakan metode observasi yaitu mencari di media massa (internet, televisi atau radio) atau bertanya langsung dengan nara sumber.
c.       Tiap kelompok akan melaporkan hasil observasinya di depan kelompok lain (mempresentasikan).

Dengan menerapan strategi pembelajaran inquiri, metode observasi dan teknik pemberian tugas berupa rumusan masalah di atas, maka siswa akan mencari atau menemukan sendiri jawaban dari rumusan masalah yang diberikan dengan metode observasi. Dengan memberikan rumusan masalah tentang BBM di atas maka siswa akan dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan, mendeskripsikan penyebab kelangkaan, mendeskripsikan penentuan alokasi sumber daya ekonomi, mendeskripsikan sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan pada akhir pembelajaran yaitu berupa kesimpulan dan tetunya disertai bimbingan dan bantuan dari guru. Berikut ilustrasi langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajarannya :
1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran sebagai langkah awal prapembelajaran, dengan mengaitkan materi sekarang dengan materi sebelumnya dan guru memberikan motivasi kepada siswa.
2.      Guru sedikit menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Guru merangsang dan mengajak siswa untuk berpikir memecahkan masalah yang diberikan guru.
3.      Guru memberikan rumusan masalah yaitu sebagai berikut :
Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti solar maupun bensin selalu menunjang kegiatan sektor lainnya seperti transportasi, industri dan rumah tangga. Kejenjangan antara kebutuhan kebutuhan manusia yang besar terhadap BBM, sehingga di Indonesia sering terjadi kelangkaan BBM.
a.       Kenapa di Indonesia masih sering terjadi kelangkaan BBM bersubsidi tersebut?
b.      Apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan?
c.       Jenis sumber ekonomi apa yang menyebabkan BBM langka?
d.      Bagaimana seharusnya sikap masyarakat dengan penggunaan BBM tersebut?
Ketentuan dalam pengerjaan tugas sebagai berikut :
a.       Buatlah laporan observasi, dari observasi yang dilakukan.
b.      Pencarian jawaban dengan menggunakan metode observasi yaitu mencari/ menemukan di media massa (internet, televisi atau radio) atau bertanya langsung dengan nara sumber.
c.       Tiap kelompok akan melaporkan hasil observasinya di depan kelompok lain (mempresentasikan).
4.      Siswa mencari dan menemukan sendiri jawaban dari rumusan masalah yang diberikan dengan metode observasi. Siswa mencari informasi tentang kelangkaan BBM di media massa internet. Dalam proses mencari dan menemukan jawaban dari rumusan masalah tentang kelangkaan BBM di media massa internet, siswa merumuskan hipotesis yaitu jawaban sementara dari masalah tersebut.
5.      Siswa mengumpulkan data informasi-informasi yang dibutuhkan untuk menguji jawaban sementara (hipotesis) dari masalah tersebut. Karena dirasa data informasi tentang kelangkaan BBM dari media massa internet kurang falit, siswa melakukan observasi di tempat pengisian minyak (pertamina).
6.      Setelah data informasi-informasi sudah diperoleh, siswa menguji kebenaran dari jawaban sementara (hipotesis) dari kegiatan observasi yang siswa lakukan.
7.      Siswa melaporkan hasil observasi yang telah dilakukan. Siswa yang dibimbing oleh guru, merumuskan kesimpulan dari observasi yang dilakukan siswa, yang kemudian dikaitkan dengan materi kelangkaan.
Dengan demikian, setelah siswa melakukan observasi untuk mencari dan menemukan jawaban dari rumusan maslah yang diberikan guru, siswa akan lebih mudah mengingat materi tentang kelangkaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar