TUGAS KELOMPOK 1
Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri dalam Pelajaran
Ekonomi
Tugas Kelompok Matakuliah Strategi Pembelajaran
Dosen Pengampu Prof. Dr. H. Karwono M. Pd./ Kuswono M. Pd.
Oleh
:
1. Fajri Arif Wibawa NPM 11210082
2. Jeni Partiawan Daru NPM 11210084
3. Mega Amelia NPM
11210055
4. Nomi Tisa Dewi NPM 11210092
5. Yessi Citra Dewi NPM 11210070
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Semester : 4
(empat)
Kelas : B
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012/2013
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulilahi
robil alamin, dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kami kelompok 1 dapat menyelesaikan
tugas ini. Dengan kesempatan ini, kami tidak lupa menyampaikan terima kasih
kepada :
1.
Prof.
Dr. H. Karwono M. Pd dan Kuswono M. Pd. selaku
dosen pengampu matakuliah Strategi Pembelajaran.
2.
Teman-teman
kelompok 1 yang telah bekerja sama untuk menyelesaikan tugas ini.
3.
Kedua
orang tua kami yang selalu memberikan semangat kepada kami.
4.
Semua
pihak yang telah berkenan memberikan
bantuan-bantuan.
Kami
menyadari bahwa dalam penyelesaian tugas ini masih banyak terdapat kesalahan
dan kekurangan. Karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat
membangun sehingga pembuatan tugas semacam ini yang akan datang dapat lebih
baik. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya agar mendapatkan
nilai yang diharapkan dan bagi pembaca umumnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Strategi pembelajaran inquiri adalah suatu strategi
pembelajaran yang prosesnya untuk mencari jawaban atau mendapatkan/ menemukan
informasi dengan melakukan eksperimen atau observasi untuk mencari jawaban atau
memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah. Penerapan strategi
pembelajaran inquiri ini dalam pelajaran ekonomi yaitu sebagai berikut :
Dalam mempelajari materi pelajaran ekonomi, berikut
silabus pembelajarannya :
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu :
10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1.1
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada
tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan
masalah ekonomi.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi
kebutuhan
· Pengertian benda pemuas
kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda
pemuas kebutuhan
· Pengertian kelangkaan
· Penyebab kelangkaan
· Penentuan alokasi sumber daya
ekonomi
· Sikap rasional dalam memenuhi
kebutuhan
·
Barang apa yang akan diproduksi
dan berapa jumlahnya.
· Bagaimana cara memproduksi barang.
· Untuk
siapa barang tersebut diproduksi.
·
Pengertian biaya sehari-hari dan
biaya peluang
· Kurva kemungkinan produksi
· Pengertian sistem ekonomi
· Sistem ekonomi tradisional
· Sistem ekonomi pasar
· Sistem ekonomi komando
· Sistem ekonomi campuran
|
·
Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan
manusia melalui berbagai macam sumber.
·
Mengidentifikasi bermacam-macam
kebutuhan manusia di daerah setempat.
·
Mendiskusikan kebutuhan manusia di
daerah setempat yang paling dominan.
·
Mengklasifikasi jenis kebutuhan
berdasarkan tingkatannya
· Menggali informasi tentang kelangkaan.
· Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di
daerah setempat dan sekitarnya.
· Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi
yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka
di daerah setempat dan sekitarnya.
· Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
·
Mengidentifikasi barang-barang
apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
·
Mengkaji referensi tentang
permasalahan ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·
Bertanya jawab tentang perbedaan
biaya sehari-hari dan biaya peluang.
·
Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
· Menggambar kurva kemungkinan produksi.
·
Mengkaji referensi tentang sistem
ekonomi.
·
Mengidentifikasi sistem ekonomi
yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan
studi kepustakaan.
|
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi
kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas
kebutuhan.
· Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
· Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas
kebutuhan.
· Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kelangkaan.
· Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya
yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
· Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
·
Mendeskripsikan barang apa yang
diproduksi.
·
Mendeskripsikan bagaimana cara
memproduksi barang.
·
Mendeskripsikan untuk siapa barang
diproduksi.
·
Membedakan biaya sehari-hari
dengan biaya peluang
·
Menggambar kurva kemungkinan produksi
·
Mendeskripsikan pengertian sistem
ekonomi.
·
Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi tradisional.
·
Mendeskripsikan ciri-ciri,
kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
·
Mendeskripsikan ciri-ciri,
kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
·
Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan
dan keburukan sistem ekonomi campuran.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan
melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Dari silabus pembelajaran di
atas, maka kompetensi dasar yang akan diambil dalam penerapan strategi inquiri yaitu
tentang kelangkaan, sebagai berikut :
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber
ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Materi Pembelajaran : 1. Pengertian kelangkaan
2. Penyebab kelangkaan
3. Penentuan alokasi sumber
daya ekonomi
4. Sikap rasional dalam
memenuhi kebutuhan
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mendeskripsikan
pengertian kelangkaan
2. Siswa dapat
mendeskripsikan penyebab kelangkaan
3. Siswa dapat
mendeskripsikan penentuan alokasi sumber daya ekonomi
4. Siswa dapat
mendeskripsikan sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
Dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri, metode observasi dan
teknik pemberian tugas, guru memberikan tugas kepada siswa secara kelompok.
Tugasnya yaitu dengan memberikan sebuah rumusan masalah sebagai berikut :
Ketersediaan bahan bakar
minyak (BBM) bersubsidi seperti solar maupun bensin selalu menunjang kegiatan
sektor lainnya seperti transportasi, industri dan rumah tangga. Kejenjangan
antara kebutuhan kebutuhan manusia yang besar terhadap BBM, sehingga di
Indonesia sering terjadi kelangkaan BBM.
a. Kenapa di Indonesia masih
sering terjadi kelangkaan BBM bersubsidi tersebut?
b. Apa yang menyebabkan
terjadinya kelangkaan?
c. Jenis sumber ekonomi apa
yang menyebabkan BBM langka?
d. Bagaimana seharusnya sikap
masyarakat dengan penggunaan BBM tersebut?
Ketentuan dalam pengerjaan tugas sebagai berikut :
a.
Buatlah laporan observasi, dari observasi yang
dilakukan.
b.
Pencarian jawaban dengan menggunakan metode
observasi yaitu mencari di media massa (internet, televisi atau radio) atau
bertanya langsung dengan nara sumber.
c.
Tiap kelompok akan melaporkan hasil observasinya
di depan kelompok lain (mempresentasikan).
Dengan menerapan strategi pembelajaran inquiri, metode observasi dan teknik
pemberian tugas berupa rumusan masalah di atas, maka siswa akan mencari atau
menemukan sendiri jawaban dari rumusan masalah yang diberikan dengan metode
observasi. Dengan memberikan rumusan masalah tentang BBM di atas maka siswa
akan dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan, mendeskripsikan penyebab
kelangkaan, mendeskripsikan penentuan alokasi sumber daya ekonomi, mendeskripsikan
sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan pada akhir pembelajaran yaitu berupa
kesimpulan dan tetunya disertai bimbingan dan bantuan dari guru. Berikut
ilustrasi langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajarannya :
1.
Guru membuka kegiatan pembelajaran sebagai langkah awal
prapembelajaran, dengan mengaitkan materi sekarang dengan materi sebelumnya dan
guru memberikan motivasi kepada siswa.
2.
Guru sedikit menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan
menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Guru merangsang dan
mengajak siswa untuk berpikir memecahkan masalah yang diberikan guru.
3.
Guru memberikan rumusan masalah yaitu sebagai berikut :
Ketersediaan bahan bakar
minyak (BBM) bersubsidi seperti solar maupun bensin selalu menunjang kegiatan
sektor lainnya seperti transportasi, industri dan rumah tangga. Kejenjangan
antara kebutuhan kebutuhan manusia yang besar terhadap BBM, sehingga di
Indonesia sering terjadi kelangkaan BBM.
a.
Kenapa di Indonesia masih sering terjadi
kelangkaan BBM bersubsidi tersebut?
b.
Apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan?
c.
Jenis sumber ekonomi apa yang menyebabkan BBM
langka?
d.
Bagaimana seharusnya sikap masyarakat dengan
penggunaan BBM tersebut?
Ketentuan dalam pengerjaan tugas sebagai berikut :
a.
Buatlah laporan observasi, dari observasi yang
dilakukan.
b.
Pencarian jawaban dengan menggunakan metode
observasi yaitu mencari/ menemukan di media massa (internet, televisi atau
radio) atau bertanya langsung dengan nara sumber.
c.
Tiap kelompok akan melaporkan hasil observasinya
di depan kelompok lain (mempresentasikan).
4.
Siswa
mencari dan menemukan sendiri jawaban dari rumusan masalah yang diberikan
dengan metode observasi. Siswa mencari informasi tentang kelangkaan BBM di
media massa internet. Dalam proses mencari dan menemukan jawaban dari rumusan
masalah tentang kelangkaan BBM di media massa internet, siswa merumuskan
hipotesis yaitu jawaban sementara dari masalah tersebut.
5.
Siswa mengumpulkan data informasi-informasi yang
dibutuhkan untuk menguji jawaban sementara (hipotesis) dari masalah tersebut.
Karena dirasa data informasi tentang kelangkaan BBM dari media massa internet
kurang falit, siswa melakukan observasi di tempat pengisian minyak (pertamina).
6.
Setelah data informasi-informasi sudah diperoleh,
siswa menguji kebenaran dari jawaban sementara (hipotesis) dari kegiatan
observasi yang siswa lakukan.
7.
Siswa melaporkan hasil observasi yang telah
dilakukan. Siswa yang dibimbing oleh guru, merumuskan kesimpulan dari observasi
yang dilakukan siswa, yang kemudian dikaitkan dengan materi kelangkaan.
Dengan demikian, setelah siswa melakukan observasi untuk mencari dan
menemukan jawaban dari rumusan maslah yang diberikan guru, siswa akan lebih
mudah mengingat materi tentang kelangkaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar